CEGAH STUNTING DENGAN AKSI MAS TEJO (ATASI KURANG GIZI MASYARAKAT TEMPUREJO)

PUNGKY RATNASARI 23 Juli 2019 10:10:43 WIB

     Atasi Kurang Gizi Masyarakat Tempurejo ( Aksi Mas Tejo) merupakan layanan jasa di bidang kesehatan pada bayi dan balita yang beresiko dengan masalah gizi agar menjadi anak TOKCER (Anak Tumbuh Optimal Berkualitas dan Cerdas).  Pengembangan inovasi ini diinspirasi oleh Bidan Desa Tempurejo Ibu Tanty Puspita bersama Kader Posyandu Gerbangmas Desa Tempurejo.

     Strategi Implementasi inovasi ini meliputi: Optimalisasi fungsi posyandu untuk pemantauan status gizi, Peningkatan Informasi Gizi dan Pemberian Asupan Makanan (PMT) Pemulihan, dan Pendampingan Khusus Balita Gizi Buruk.

     Optimalisasi Aksi Mas Tejo dilakukan melalui kegiatan posyandu yakni melakukan penyuluhan terhadap orang tua balita, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan membuat dana sosial untuk keberlangsungan kegiatan, karena dengan dana ini operasional kegiatan bisa terbiayai semua. Dana ini murni dari swadaya masyarakat yang mempunyai simpati pada balita gizi buruk.

     Agar kegiatan ini bisa terarah dan mencapai hasil yang diinginkan, maka dilakukan upaya kesehatan secara promotif dan preventif melalui motivator gizi dengan melakukan pendampingan pada balita gizi buruk ataupun balita yang sehabis melakukan perawatan dirumah sakit untuk tetap dipantau dalam pemberian makanan pada balita serta kesehatanya agar stamina pada balita tetap terjaga dan stabil.

     Untuk Melaksanakan layanan publik ini dukungan dan kerjasama yang solid antara kader posyandu, Pemerintah Desa Tempurejo, masyarakat dan ketersediaan dana adalah kunci sukses pelaksanaan kegiatan AKSI MAS TEJO, sehingga layanan yang diberikan dapat berjalan dengan optimal.

Komentar atas CEGAH STUNTING DENGAN AKSI MAS TEJO (ATASI KURANG GIZI MASYARAKAT TEMPUREJO)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Tempurejo

tampilkan dalam peta lebih besar