MONITORING DAN EVALUASI KKS, PKH DAN BPNT DESA TEMPUREJO

PUNGKY RATNASARI 22 Januari 2019 11:54:57 WIB

     Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari pemerintah pusat mulai dilaksanakan di Kabupaten Lumajang. Dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran penyaluran bantuan social, monitoring dan evaluasi  KKS, BPNT dan PKH telah dilaksanakan di Desa Tempurejo tanggal 22 Januari 2019. Program PKH dan BPNT tersebut disalurkan dengan pemberian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Program BPNT merupakan kelanjutan Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah disalurkan menggunakan KKS. Sebelum pendistribusian KKS, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi bagi warga penerima BPNT dan PKH.  Penerima bantuan ini berasal dari warga penerima Bantuan Rastra, sesuai hasil verifikasi dan validasi data.

     Alfan Taufik (Kasi Kesra Desa Tempurejo) mengatakan, keluarga penerima ini akan menerima transfer uang yang dimasukkan ke Kartu KKS setiap bulannya. Uang yang diterima per bulan tersebut sebesar Rp 110.000. “Transfer uang dari pusat ini tidak bisa diuangkan, namun hanya bisa digunakan untuk membeli beras dan telur di toko atau agen sembako yang telah ditunjuk. Hal ini yang perlu kita awasi bersama, agar toko yang ditunjuk menjual beras dengan kualitas yang baik,” jelas Alfan Taufik.

     Yohanes Hariono M (Kasi Pemerintahan Desa Tempurejo) mengatakan, transfer uang tersebut akan dikirimkan tiap bulan. “Dengan uang sebesar itu, bisa ditukar dengan 10 kg beras dan 5 butir telur.

     Salah satu warga penerima bantuan adalah Ibu Suparmi. Ibu Rumah Tangga yang bekerja sebagai petani ini telah melakukan penukaran kartu tersebut, dan dia memperoleh 10 kilogram beras dan 5 butir telur. "Senang sekali dapat bantuan ini, apalagi sekarang ketambahan telur. Bisa menghemat belanja,” jelas Ibu Suparmi.


 

Komentar atas MONITORING DAN EVALUASI KKS, PKH DAN BPNT DESA TEMPUREJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Tempurejo

tampilkan dalam peta lebih besar