KUNJUNGAN TPID KECAMATAN TEKUNG KE BANK SAMPAH DESA TEMPUREJO

PUNGKY RATNASARI 21 Januari 2019 10:24:04 WIB

     Bank Sampah sangat potensial apabila dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal ini dapat menjadi solusi dalam pengelolaan sampah di tingkat desa. Terlebih, sarana dan prasarana tempat pembuangan sampah masih sangat minim. Sehingga, keberadaan bank sampah bisa menjadi solusi untuk mengendalikan volume sampah di pedesaan.

     Team Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Tekung telah melakukan kunjungan ke Bank Sampah Desa Tempurejo. Kunjungan tesebut dilakukan untuk menggali informasi tentang Bank Sampah sebagai program inovasi Desa Tempurejo dalam membangun pelestarian Lingkungan.

     Widhie Pramono ES, S.Pd. (Sekdes Tempurejo) mengatakan, munculnya permasalahan persampahan ini menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu, beliau menyarankan agar pengelolaan sampah harus bisa diterapkan berbasis desa. Sebab, pengelolaan sampah ini juga harus disertai dengan perubahan perilaku masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan pola Reduce, Reuse dan Recycle (3R). Pengelolaan Bank Sampah ini sangat cocok dikelola oleh Desa melalui Program Inovasi Desa,” ujarnya kepada TPID Kecamatan Tekung.

     Di sisi lain, dalam pengelolaan Bank Sampah ini, diperlukan juga edukasi kepada masyarakat. Terutama dalam memilah sampah organik dan anorganik. Karena Bank Sampah ini, hanya menampung sampah anorganik yang bernilai ekonomis. Sementara sampah organik bisa dikelola untuk menjadi pupuk.

    Untuk mengelola Bank Sampah ini, diperlukan pemahaman kepada masyarakat. Sehingga kepedulian dari para steakholder, terutama pemerintah desa dibutuhkan agar Desa Tempurejo terbebas dari tumpukan sampah di mana-mana. 

Komentar atas KUNJUNGAN TPID KECAMATAN TEKUNG KE BANK SAMPAH DESA TEMPUREJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Tempurejo

tampilkan dalam peta lebih besar